Puspitra Bahas Potensi Komoditas Strategis Sumatera Barat

By Admin

nusakini.com-- Pusat Penanganan Isu Strategis (Puspitra) Kementerian Perdagangan  membahas potensi komoditas strategis di Sumtera Barat sebagai komoditas berdaya saing dan  berorientasi ekspor. Hasil pembahasan ini akan menjadi dasar pembuatan kebijakan pemerintah agar lebih efektif dan efisien. Demikian ditegaskan Kepala Puspitra Ni Made Ayu Marthini di Jakarta, Jumat (14/10).

Pekan lalu,  Puspitra menggelar Forum Konsultasi dan Identifikasi Isu Strategis Perdagangan di hotel Mercure  Padang, Sumatera Barat (Sumbar). "Kami ingin mengidentifikasi komoditas potensial di Sumatera Barat sebagai usulan pilot project," ujar Made. 

Menurutnya, Forum konsultasi yang digelarnya dapat meningkatkan nilai tambah produk, serta meningkatkan kelas pelaku usaha agar berorientasi ekspor dan menjadi eksportir handal. “Hasil  forum ini sangat penting bagi lahirnya kebijakan pemerintah, khususnya Kemendag, sehingga dapat menetapkan program yang strategis dan tepat sasaran terutama terhadap komoditaskomoditas strategis dan unggulan,” jelas Made. 

Made menyampaikan bahwa Provinsi Sumbar memiliki struktur produksi yang unik yaitu struktur produksi kombinasi antara raw material (produk berbasis komoditas), produk jadi dan jasa.  “Potensi-potensi tersebut memberikan peluang terhadap pengembangan agrobisnis (rempah-rempah dan organik), tekstil, kerajinan, dan perhiasan. Pengembangan sektor-sektor potensial tersebut dapat menciptakan komoditas unggulan dan strategis,” jelas Made. 

Langkah yang dilakukan Pemerintah Provinsi Sumbar saat ini cukup proaktif yaitu dengan bekerja bersama kelompok tani dengan memberikan bantuan dan pendampingan agar produk pertanian  dan perkebunan yang dihasilkan diterima pasar, baik domestik maupun global. “Dengan produk  yang berinovasi, berkualitas, dan memiliki daya saing tinggi, produk yang dihasilkan bisa jadi juara  dunia dan meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya,” terang Made. 

Forum digelar dengan mengambil tema 'Menuju Produk Unggulan Sumatera Barat yang Juara',  terselenggara atas kerja sama antara Kementerian Perdagangan dengan Dinas Perindag Pemprov  Sumbar. Forum ini dihadiri lebih dari 100 peserta dari perwakilan Pemerintah Daerah Sumbar,  pelaku usaha, akademisi, serta kelompok tani komoditas. 

Dalam kesempatan ini, Made juga menyinggung usaha mikro kecil menengah (UMKM) dalam menggerakkan dan menumbuhkan ekonomi Indonesia. Menurutnya, Pemerintah memberikan  perhatian besar pada UMKM. Pemerintah Pusat secara khusus mengeluarkan Paket Kebijakan  Ekonomi (PKE) yang bertujuan menumbuhkan UMKM yaitu melalui fasilitasi Kredit Usaha Rakyat  Berorientasi Ekspor (KURBE), penurunan bunga KUR, dan perluasan penerima KUR untuk sektor usaha produktif. (p/ab)